Beasiswa Pendidikan Indonesia
Assalamualaikum wr.wb...Apa kabar scholarship hunters, dibawah ini contoh rencana studi untuk melamar beasiswa salah satunya LPDP, Alhamdulillah berkat tulisan ini saya lolos tahap administrasi silakan dibaca yah.. smg membantu teman-teman para pemburu beasiswa..amin
ESSAY
3 : Rencana Studi Muhamad Nikmatullah
EKSPLORASI PEMANFAATAN
DAN PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN OBAT TRADISIONAL MELALUI EDUKASI MASYARAKAT DI KECAMATAN
JUHUT, KABUPATEN PANDEGLANG PROVINSI BANTEN
Rencana
pendidikan untuk magister, saya berencana untuk mengambil jurusan biologi
konservasi di Universitas Indonesia (UI), selain sesuai latar belakang
pendidikan saya, Biologi konservasi merupakan salah satu bidang Biologi yang
saya minati, karena berkaitan juga dengan skripsi saya tentang pemanfaatan keanekaragaman
Zingiberaceae di lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Biologi UI
memiliki grand design dalam lingkup konservasi biodiversitas dan sebagai
pusat unggulan pendidikan dan penelitian konservasi biodiversitas. Rencana masa
studi pendidikan megister saya maksimal 1.7 tahun, dan lulus sekitar
juli 2018 dengan predikat lulus Cumlaude.
Total kredit yang harus ditempuh untuk program megister biologi adalah 44 SKS (tabel
dibawah) dengan masa studi 2 tahun.
Saya tertarik dengan penelitian pelestarian hayati atau
konservasi biodiversitas yang diterapkan pemanfaatannya untuk mengedukasi
masyarakat. Hal ini sesuai dengan latar belakang bahwa Kabupaten Pandeglang,
Provinsi Banten memiliki keanekaragaman hayati cukup tinggi, misalnya untuk
keanekaragaman tanaman Zingiberaceae. Namun sebagian besar masyarakat
tidak mengenal bahkan tidak menyadari keberadaan serta potensi besar dari
keanekaragaman hayati yang ada di lingkungannya. Hal itu disebabkan oleh
kurangnya pengenalan keanekaragaman hayati di buku-buku sekolah. Oleh karena
itu pada saat menyusun skripsi saya mengambil judul“Pengembangan Modul
Keanekaragaman Hayati Berbasis Kontekstual Saintifik Melalui Pemanfaatan
Zingiberaceae di Kabupaten Pandeglang”. Dari hasil penelitian, ditemukan tujuh
jenis Zingiberaceae di kaki gunung karang Kabupaten Pandeglang, yaitu jahe (zingiber
officinale), lengkuas (Alpinia galanga), kunyit (Curcuma
domestica), temu ireng (Curcuma aeruginosa), temu kunci (kaempferia
pandurata), kencur (Kaempferia galanga), dan lempuyang gajah (Zingiber
zerumbet).
Hasil penelitian yang saya dapatkan dijadikan
sebagai konten dalam modul keanekaragaman hayati, penelitian ini bertujuan
untuk mengeksplorasi dan mengenalkan kepada masyarakat keanekaragaman
zingiberaceae yang ada di lingkungannya, sehingga masyarakat mengetahui dan
menyadari keberadaan potensi besar keanekaragaman hayati yang ada di lingkungannya.
Sebagai tindak lanjut dari penelitian yang pernah saya lakukan, saya berencana
topik yang saya ambil untuk tesis magister saya ialah mengeksplorasi
keanekaragaman, pemanfaatan, dan pelestarian tanaman obat-obatan di wilayah
masyarakat Kabupaten Pandeglang, Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
keanekaragaman, pemanfaatan dan pelestarian tanaman obat-obatan di Kabupaten
Pandeglang, sehingga masyarakat Banten mengetahui dan menyadari potensi besar
keanekaragaman tanaman obat-obatan yang ada di lingkungannya sendiri, dan
harapannya mereka mampu memanfaatkan sebagai obat tradisional yang digunakan untuk
kehidupan sehari-hari secara berkelanjutan. Hasil penelitian ini akan dijadikan
konten bahan ajar pada materi keanekaragaman hayati pada sekolah-sekolah yang
ada di Provinsi Banten, sehingga mampu mengedukasi peserta didik untuk mengenal
potensi besar keanekaragaman hayati lokal. Hal tersebut akan memberikan proses pemahaman
dan kesadaran terhadap masyarakat mengenai potensi keanekaragaman hayati di
lingkungannya sendiri. Harapannya masyarakat akan mampu memanfaatkan dan
melestarikan potensi lokal untuk kesejahteraan bangsa.
Selain
aktivitas perkuliahan yang saya lakukan, untuk menyeimbangkannya saya juga
memiliki aktivitas diluar perkuliahan selama menempuh studi yaitu, mengajar di
beberapa lembaga bimbingan belajar, menjadi tutor lepas membimbing belajar di
lingkungan rumah. Untuk menyeimbangkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual
saya tergabung di beberapa lembaga internal dan eksternal, diantaranya Lembaga Masyarakat Ilmuan Teknolog
Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI-KM) departemen Bina Wilayah Jakarta, Banten
dan jawa barat (JABAJA), untuk membina UKM Penelitian dan Penalaran atau kelompok
studi Universitas dan Fakultas, saya akan aktif di Himpunan Mahasiswa Muslim
Pascasarjana (HIMMPAS UI), dan bergabung dengan komunitas Konservasi Alam. Selain
itu, saya akan mengambil kursus bahasa inggris untuk melancarkan kemampuan berbahasa
inggris, serta memanfaatkan kesempatan untuk berbisnis di wilayah kampus UI. Agar
rencana aktivitas diluar perkuliahan terlaksana saya akan membuat tabel
manajemen waktu dan skala prioritas. Adanya aktivitas diluar perkuliahan akan
memudahkan saya untuk membuat relasi atau hubungan yang baik terhadap
masyarakat, agar saya dapat mengenal dan memahami potensi lokal masyarakat, sehingga
ilmu yang saya miliki perlahan dapat diaplikasikan langsung terhadap realita
kehidupan masyarakat.
Tabel
Mata Kuliah
SEMESTER
|
Sifat
|
SKS
|
Mata Kuliah
(Bidang Biologi Konservasi)
|
Semester I: September-Desember 2016
|
M.K.WAJIB
|
1
|
Seminar
|
3
|
Biodiversitas Indonesia
|
||
M.K. KEKHUSUSAN
|
3
|
Biologi Konservasi
|
|
M.K. PILIHAN
|
3
|
Ekologi Hutan Tropika
|
|
3
|
Ekonomi Sumber Daya Alam
|
||
3
|
Keselamatan Hayati
|
||
Semester II: Februari- Juli 2017
|
M.K.WAJIB
|
3
|
Biogeografi Indonesia
|
3
|
Statistik
|
||
M.K. KEKHUSUSAN
|
3
|
Manajemen Konservasi
|
|
M.K. PILIHAN
|
3
|
Etnobiologi
|
|
3
|
Pengelolaan Sumber Daya Alam
|
||
3
|
Peraturan Perundangan dan Konservasi
|
||
Semester III: September-Desember 2017
|
M.K. Wajib
|
2
|
Permasalahan
|
6
|
Penelitian
|
||
Semester IV:
Februari-juli 2018
|
M.K. Wajib
|
2
|
Seminar Akhir
|
Total
|
44
|
Komentar
Posting Komentar