Beasiswa Pendidikan Indonesia 



Assalamualaikum wr.wb...Apa kabar scholarship hunters, dibawah ini contoh rencana studi untuk melamar beasiswa salah satunya LPDP, Alhamdulillah berkat tulisan ini saya lolos tahap administrasi silakan dibaca yah.. smg membantu teman-teman para pemburu beasiswa..amin
ESSAY 3 : Rencana Studi Muhamad Nikmatullah

EKSPLORASI PEMANFAATAN DAN PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN JENIS TUMBUHAN OBAT TRADISIONAL MELALUI EDUKASI MASYARAKAT DI KECAMATAN JUHUT, KABUPATEN PANDEGLANG PROVINSI BANTEN

Rencana pendidikan untuk magister, saya berencana untuk mengambil jurusan biologi konservasi di Universitas Indonesia (UI), selain sesuai latar belakang pendidikan saya, Biologi konservasi merupakan salah satu bidang Biologi yang saya minati, karena berkaitan juga dengan skripsi saya tentang pemanfaatan keanekaragaman Zingiberaceae di lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Biologi UI memiliki grand design dalam lingkup konservasi biodiversitas dan sebagai pusat unggulan pendidikan dan penelitian konservasi biodiversitas. Rencana masa studi pendidikan megister saya maksimal 1.7 tahun, dan lulus sekitar juli 2018 dengan predikat lulus Cumlaude. Total kredit yang harus ditempuh untuk program megister biologi adalah 44 SKS (tabel dibawah) dengan masa studi 2 tahun.
Saya tertarik dengan penelitian pelestarian hayati atau konservasi biodiversitas yang diterapkan pemanfaatannya untuk mengedukasi masyarakat. Hal ini sesuai dengan latar belakang bahwa Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten memiliki keanekaragaman hayati cukup tinggi, misalnya untuk keanekaragaman tanaman Zingiberaceae. Namun sebagian besar masyarakat tidak mengenal bahkan tidak menyadari keberadaan serta potensi besar dari keanekaragaman hayati yang ada di lingkungannya. Hal itu disebabkan oleh kurangnya pengenalan keanekaragaman hayati di buku-buku sekolah. Oleh karena itu pada saat menyusun skripsi saya mengambil judul“Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Kontekstual Saintifik Melalui Pemanfaatan Zingiberaceae di Kabupaten Pandeglang”. Dari hasil penelitian, ditemukan tujuh jenis Zingiberaceae di kaki gunung karang Kabupaten Pandeglang, yaitu jahe (zingiber officinale), lengkuas (Alpinia galanga), kunyit (Curcuma domestica), temu ireng (Curcuma aeruginosa), temu kunci (kaempferia pandurata), kencur (Kaempferia galanga), dan lempuyang gajah (Zingiber zerumbet).
Hasil penelitian yang saya dapatkan dijadikan sebagai konten dalam modul keanekaragaman hayati, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengenalkan kepada masyarakat keanekaragaman zingiberaceae yang ada di lingkungannya, sehingga masyarakat mengetahui dan menyadari keberadaan potensi besar keanekaragaman hayati yang ada di lingkungannya. Sebagai tindak lanjut dari penelitian yang pernah saya lakukan, saya berencana topik yang saya ambil untuk tesis magister saya ialah mengeksplorasi keanekaragaman, pemanfaatan, dan pelestarian tanaman obat-obatan di wilayah masyarakat Kabupaten Pandeglang, Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman, pemanfaatan dan pelestarian tanaman obat-obatan di Kabupaten Pandeglang, sehingga masyarakat Banten mengetahui dan menyadari potensi besar keanekaragaman tanaman obat-obatan yang ada di lingkungannya sendiri, dan harapannya mereka mampu memanfaatkan sebagai obat tradisional yang digunakan untuk kehidupan sehari-hari secara berkelanjutan. Hasil penelitian ini akan dijadikan konten bahan ajar pada materi keanekaragaman hayati pada sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Banten, sehingga mampu mengedukasi peserta didik untuk mengenal potensi besar keanekaragaman hayati lokal. Hal tersebut akan memberikan proses pemahaman dan kesadaran terhadap masyarakat mengenai potensi keanekaragaman hayati di lingkungannya sendiri. Harapannya masyarakat akan mampu memanfaatkan dan melestarikan potensi lokal untuk kesejahteraan bangsa.
Selain aktivitas perkuliahan yang saya lakukan, untuk menyeimbangkannya saya juga memiliki aktivitas diluar perkuliahan selama menempuh studi yaitu, mengajar di beberapa lembaga bimbingan belajar, menjadi tutor lepas membimbing belajar di lingkungan rumah. Untuk menyeimbangkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual saya tergabung di beberapa lembaga internal dan eksternal,  diantaranya Lembaga Masyarakat Ilmuan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiswa (MITI-KM) departemen Bina Wilayah Jakarta, Banten dan jawa barat (JABAJA), untuk membina UKM Penelitian dan Penalaran atau kelompok studi Universitas dan Fakultas, saya akan aktif di Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana (HIMMPAS UI), dan bergabung dengan komunitas Konservasi Alam. Selain itu, saya akan mengambil kursus bahasa inggris untuk melancarkan kemampuan berbahasa inggris, serta memanfaatkan kesempatan untuk berbisnis di wilayah kampus UI. Agar rencana aktivitas diluar perkuliahan terlaksana saya akan membuat tabel manajemen waktu dan skala prioritas. Adanya aktivitas diluar perkuliahan akan memudahkan saya untuk membuat relasi atau hubungan yang baik terhadap masyarakat, agar saya dapat mengenal dan memahami potensi lokal masyarakat, sehingga ilmu yang saya miliki perlahan dapat diaplikasikan langsung terhadap realita kehidupan masyarakat.

Tabel Mata Kuliah

SEMESTER
Sifat
SKS
Mata Kuliah
(Bidang Biologi Konservasi)
Semester I: September-Desember 2016
M.K.WAJIB
1
Seminar

3
Biodiversitas Indonesia
M.K. KEKHUSUSAN
3
Biologi Konservasi
M.K. PILIHAN
3
Ekologi Hutan Tropika
3
Ekonomi Sumber Daya Alam
3
Keselamatan Hayati
Semester II: Februari- Juli 2017

M.K.WAJIB
3
Biogeografi Indonesia
3
Statistik
M.K. KEKHUSUSAN
3
Manajemen Konservasi
M.K. PILIHAN
3
Etnobiologi
3
Pengelolaan Sumber Daya Alam
3
Peraturan Perundangan dan Konservasi
Semester III: September-Desember 2017
M.K. Wajib
2
Permasalahan
6
Penelitian
Semester IV:
Februari-juli 2018
M.K. Wajib
2
Seminar Akhir

Total
44


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Tunda Kuliah